100 Bibit Pohon Kelapa Ditanam di Pulau Kelapa

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu kembali menggalakkan penanaman bibit pohon kelapa di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Kali ini setidaknya ada 100 bibit pohon kelapa yang ditanam di wilayah tersebut.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, jenis bibit pohon kelapa yang ditanam merupakan jenis genjah hibrida. Ratusan bibit pohon kelapa tersebut ditanam di sepanjang pesisir pantai RW 04 dan 05 Kelurahan Pulau Kelapa.

"Selain untuk penghijauan dan pelestarian alam, ini juga upaya mengembalikan ikon sesuai nama wilayah Pulau Kelapa. Kalau dulu banyak pohon kelapa dan sekarang berkurang, kini kita perbanyak lagi," ujar Devi

Menurutnya, jenis bibit pohon kelapa yang ditanam merupakan jenis bibit yang bagus. Selain daunnya lebat dalam jangka waktu tiga tahun juga sudah berbuah.

"Kami akan perbanyak tanaman produktif yang disesuaikan dengan kontur tanah di Kepulauan Seribu. Selain untuk penghijauan juga sebagai ketahanan pangan sehingga tidak bergantung dari darat," tambahnya.

Ketua RW 05 Pulau Kelapa Dua, Musliyadi menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Sudin KPKP Kepulauan Seribu atas bantuan bibit pohon kelapa yang diberikan dan ditanam di sepanjang pesisir pantai.

"Kami banyak terima kasih dengan adanya program ini. Harapannya ke depan dampaknya bisa sangat dirasakan oleh warga, karena pohon kelapa ini dari daun, batang pohon hingga buahnya sangat bermanfaat," tandasnya.